Dua Peneliti Hiroshima University Berbagi Ilmu di Pascasarjana UNEJ

Prof. Tri Agus Siswoyo (UNEJ), Assoc. Prof. Kenji Arakawa Ph.D, (Hiroshima University), Dr. Hardian Susilo Addy (UNEJ) dan Yosi Nindita, Ph.D (Hiroshima University)

Kuliah perdana yang merupakan agenda tahunan Pascasarjana Universitas Jember (UNEJ) diadakan Senin, 2 Maret 2020 di aula lantai III Gedung Pascasarjana UNEJ. Kuliah Perdana kali ini diselenggarakan dengan tema “Microbial Natural Products Discovery through Various Genome Mining Approaches”. dengan pemateri Assoc. Prof. Kenji Arakawa, Ph.D. dari Hiroshima University sebagai pembicara, dan Dr. Hardian Susilo Addy, salah satu dosen dari Magister Bioteknologi sebagai moderator.

Video Kuliah Perdana Pascasarjana UNEJ silahkan klik disini: https://youtu.be/SiAGw1u4NQk

Prof. Arakawa menjelaskan bahwa Streptomyces telah dikarakterisasi dengan baik karena potensinya yang kuat untuk menghasilkan metabolit sekunder dalam jumlah besar, termasuk antibiotik yang berguna untuk pertanian dan kesehatan. Prof. Arakawa juga menjelaskan tentang pensinyalan molekul yang menginduksi produksi antibiotik pada konsentrasi nano-molar untuk dievaluasi sebagai elisitor kimia.

Setelah kuliah perdana selesai, acara dilanjutkan dengan workshop tentang “Exploring Streptomyces rochei” yang disampaikan oleh Yosi Nindita, Ph.D dari Hiroshima University bertempat di aula lantai II CDAST B UNEJ. Hal menarik dari rangkaian kegiatan  ini adalah antusiasme peserta yang sangat tinggi. Peserta yang hadir Dosen dan Mahasiswa Program Doktor dan Magister dilingkungan UNEJ. Harapan dari acara ini adalah peneliti dan mahasiswa di UNEJ dapat berbagi informasi dan pengetahuan tentang penelitian yang mereka lakukan.

Penulis: erlin
Editor/publikasi: sup/har
Dokumentasi: his