STUDI INDUSTRI/LAPANG MATA KULIAH ENTERPRENEUR BIOTEKNOLOGI di PTPN 10 GAYASAN AJUNG

Program Studi Magister Bioteknologi Pascasarjana Universitas Jember mengadakan kegiatan studi industri/lapang mata kuliah enterpreneur bioteknologi di PTPN 10 Gayasan Ajung  pada hari Kamis 7 Desember 2017 bersama Dosen Pengampu Prof. Dr. Ir. Rudi Wibowo, M.S.

Kegiatan tersebut berkaitan dengan studi industri/lapang mata kuliah enterpreneur bioteknologi yang dilaksanakan guna memberikan informasi dan wawasan secara langsung mengenai struktural dan kegiatan dalam proses pengelolaan di suatu industri.

Kedepannya diharapkan bisa menjadi suatu acuan dalam berwirausaha yang berbasis teknologi. Kegiatan tersebut dirangkum dengan penyampaian materi dari beberapa manager, mulai dari manager tanaman yang menyampaikan teknik budidaya tanaman tembakau di PTPN 10, Manager pengolahan yang menyampaikan proses pengolahan tembakau setelah proses pemanenan serta proses pemasaran produk PTPN 10 yang di ekspor keluar negeri.

Dalam kesempatan ini kami juga turut aktif dalam memberikan pertanyaan-pertanyaan dari materi yang disampaikan, mulai dari  sistem budidaya tanaman tembakau hingga proses pemasaran dan tawar menawar dengan pihak konsumen luar negeri. Luaran yang kami dapatkan dari kegiatan tersebut adalah kami bisa memperoleh suatu proses dalam mengelola suatu industri yang berbasis teknologi dan pemasaran yang sampai hingga keluar negeri.

” Yang mana proses tersebut tidak mudah dilaksanakan karena diperlukan suatu keterampilan, kerjasama, dan keseriusan dalam mengelolanya ” jelas salah satu Manager.

Harapan dari kami setelah kegiatan tersebut bisa menjadi suatu ilmu keterampilan yang nantinya bisa menjadi bekal setelah lulus dalam membangun enterpreneur dalam bidang teknologi.

Dilaporkan langsung oleh: A Bagus Nur Sudrajat Mahasiswa S2 Bioteknologi Pascasarjana UNEJ

Foto oleh: Reza Anugrah Mulyatama, S.P. Mahasiswa S2 Bioteknologi Pascasarjana UNEJ