Tujuan, Sasaran dan Capaian Pembelajaran

Tujuan Prodi

  • Menciptakan sistem pengelolaan Program Studi Magister Bioteknologi yang efisien, efektif, dan akuntabel sehingga dapat meningkatkan pencitraan publik
  • Menghasilkan lulusan Magister Bioteknologi yang berkualitas dan kompeten di bidangnya;
  • Menghasilkan produk penelitian yang berkualitas berupa publikasi ilmiah, paten atau produk komersial dan bermanfaat bagi kepentingan masyarakat.

Sasaran prodi

Pengembangan Lulusan

Untuk mengembangkan lulusan disesuaikan dengan kebutuhan pasar maka dilakukan beberapa strategi, meliputi :

  1. Memelihara dan mengembangkan relevansi pendidikan dengan pasar kerja
  2. Mengikuti perkembangan bioteknologi melalui khasanah keilmuan untuk mengetahui posisi bioteknologi dalam konteks ilmu pengetahuan dan teknologi.
  3. Memonitor terus selera pasar kerja melalui, studi penelusuran, pertemuan alumni, kuliah tamu dan sebagainya.
  4. Menyelenggarakan/mengikuti pertemuan-pertemuan antara akademisi dan praktisi dalam rangka pengembangan produk/jasa pelayanan bioteknologi.
  • Pengembangan Model Pembelajaran (Learning Methods)

Untuk dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas dilakukan pengembangan model dari pembelajaran, yaitu :

  1. Meningkatkan penguasaan cara mengajar bagi para dosen
  2. Meningkatkan keterampilan mengajar para dosen
  3. Mengusahakan agar proses pembelajaran yang efektif yang terfokus pada research base leaning sehingga terjamin: kesesuaian metode belajar, kesesuaian kerangka acuan dan muatan mata kuliah serta terdapat pemantauan dan evaluasi.
  • Pengembangan Organisasi

Selain upaya mengembangkan pembelajaran dalam rangka menciptakan lulusan yang berkualitas, perlu adanya organisasi yang berkualitas. Sehubungan dengan hal tersebut PS perlu pengembangan organisasi yang menaungi kegiatan dalam lembaga pendidikan tinggi. Strategi pengembangan organisasi ini meliputi :

  1. Melakukan optimalisasi unit, yaitu setiap unit, program harus memiliki standar dalam bidangnya masing dan bekerja secara efektif dan efisien
  2. Menciptakan aliansi vertikal, yaitu setiap staf harus mengerti strategi organisasi, misi dan arah organisasi
  3. Menciptakan aliansi horizontal, yaitu saling pengertian antar unit dan tidak saling berkonflik.
  4. Mengusahakan satu jalur perintah untuk setiap proses, yaitu setiap proses harus diorganisir sehingga hanya ada satu jalur perintah (single channel of command).
  5. Mengusahakan agar implementasi Total Quality Management (TQM) tidak memerlukan reorganisasi struktural, bahkan hindari sedapat mungkin perombakan struktur organisasi pada tahap-tahap awal implementasi Total Quality Management Division (TQMD).
  • Pengembangan Sistem dan Prosedur

Demikian juga dalam hal sistem dan prosedur perlu dikemukakan sasaran pengembangannya, meliputi:

  1. Menekankan bahwa tidak ada kualitas tanpa data
  2. Merancang sistem manajemen data dan informasi kualitas
  3. Melakukan analisis data dan informasi kualitas
  4. Melakukan analisis komparasi dan patok duga (benchmark).

Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran program Magister Bioteknologi adalah:

  1. Mampu mengembangkan pengetahuan dan teknologi di bidang bioteknologi berbasis riset, dan menghasilkan karya inovatif teruji, ramah lingkungan dan bernilai ekonomis;
  2. Mampu menyelesaikan permasalahan bioteknologi secara komprehensif melalui pendekatan inter atau multidipliner, sehingga memberikan kontribusi yang tinggi nilai kemanfaatannya;
  3. Mampu mengelola riset dan pengembangan bioteknologi sesuai dengan roadmap dan memberikan kemanfaatan bagi keilmuan, serta tersosialisasi dan terdesiminasi di tingkat nasional maupun internasional.